Langsung ke konten utama

belajar mengenal jenis kabel listrik #belajartehniklistrik

pentingnya mengenal jenis kabel sebelum instalasi.


<script data-ad-client="ca-pub-6692905805399760" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

sebelum memulai belajar tehnik listrik alangkah baiknya mengenali jenis kabel yang akan di gunakan



property of fajarterang m&e


selamat datang di blog tehnik mudah belajar listrikšŸ¤—

di kesempatan kali ini saya akan memberikan materi pengenalan jenis kabel listrik yang sering digunakan di rumah-rumah ataupun di gedung perkantoran.

apakah wajib mengenal jenis kabel?

jawabannya iya dan sangat wajib bagi saya ataupun anda yang akan belajar tehnik listrik.

kenapa kita harus mengenal jenis kabel?
sebelum kita melakukan instalasi biasanya kita harus mengetahui jumlah daya yang di perlukan.
misalnya untuk penerangan dan juga power untuk alat elektronik biasanya daya yang di perlukan bervariasi untuk itulah kita harus mengenal jenis kabel dan juga ukuran kabel yang akan di gunakan agar kita tahu berapa daya yang digunakan dan jangan sampai over loud pada kabel yang mengakibatkan konsleting bahkan bisa memicu terjadinya kebakaran.

mengenal jenis dan juga ukuran kabel sebelum menginstal itu sangat di perlukan bagi teknisi listrik seperti saya ini.

lalu kabel jenis apa yang sering digunakan ??

pertanyaan ini sering di sampaikan oleh hampir setiap orang.
untuk instalasi listrik perumahan maupun gedung perkantoran. biasanya saya menggunakan jenis kabel NYM atu NYA ( tergantung permintaan dari konsumen atau biasanya mengikuti standard gedung apabila mengerjakan instalasi di gedung perkantoran.

kita mulai pengenalan kabel dari jenis NYM terlebih dahulu.

NYM ( kabel inti tembaga dengan berisolasi pvc dengan inti tembaga lebih dari satu dan berisolasi pvc di bagian luar. dengan kapasitas pengantar arus 300v-500v )


Kabel NYM

Kepanjangan dari kabel NYM, yaitu :

N = Kabel inti tembaga

Y = Isolasi PVC

M = Inti kabel lebih dari satu

Kabel NYM merupakan kabel yang memiliki konduktor atau tembaga lebih dari satu dengan isolator terselubung dengan berbahan PVC. Kabel NYM sering digunakan khusus pada instalasi tetap bangunan, dimana penempatannya biasanya di luar/di dalam tembok. ( biasanya saya menggunakan  pipa conduit untuk pemasangan di dalam tembok )


Ukuran kabel NYM sangat tergantung dari berapa jumlah inti kabel tembaga, bisa terdiri dari 2, 3, sampai 4 jika diperlukan untuk tambahan grounding. Warna lapisan isolator PVC pada kabel NYM biasanya putih atau abu-abu.


untuk Kelebihan dari jenis kabel NYM sendiri memiliki Isolasi sebanyak 2 lapis, sehingga tingkat keamanan lebih baik dari kabel NYA. Kabel ini dapat digunakan pada area yang kering maupun basah.


sedangkan untuk Kekurangan dari jenis kabel NYM adalah dari segi penggunaan kabel ini tidak dapat ditanam langsung ke tanah ( sebaiknya menggunakan pipa pvc conduit agar mudah untuk di chek )  untuk harga jenis kabel NYM bervariasi tergantung dari merk kabel tersebut namun lebih mahal dari jenis kabel NYA.


untuk selanjutnya kita mengenal kabel jenis NYA

Kepanjangan dari kabel NYA sendiri yaitu :

N = Kabel inti tembaga

Y = Isolasi PVC

A = Kabel tunggal


Bisa diartikan bahwa kabel NYA merupakan kabel tembaga tunggal dengan isolator terselubung dengan berbahan PVC Pada umumnya, kabel ini sering digunakan dalam instalasi listrik rumah tinggal dan sistem tenaga seperti genset ataupun generator lainnya.


Spesifikasi ukuran diameter dari kabel NYA ini rata rata sekitar 1,5 mm – 2,5 mm. Isolator pembungkus kabel NYA memiliki warna merah, kuning, biru dan hitam yang berguna untuk memudahkan pemasangan jalur jaringan instalasi listrik.

untuk Kalebihan dari jenis kabel NYA adalah memiliki kabel inti tunggal yang mudah dan sederhana pada instalasi kabel listrik, apabila ada tarikan kabel tertentu atau penambahan bisa dengan mudah dilakukan.

untuk Harga kabel NYA sendiri bisa dibilang lebih terjangkau dari harga kabel jenis NYM.


Kekurangan dari jenis kabel NYA sendiri yaitu Lapisan isolasi PVC hanya terdiri dari satu lapis dan tidak tahan terhadap gigitan hewan pengerat seperti tikus dan mudah cacat terhadap factor cuaca hujan atau panas.

untuk keamanan biasanya saya menggunakan pipa conduit untuk menghindari gigitan tikus atupun factor cuaca.


semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk anda yang ingin belajar tehnik kelistrikan.


untuk pertanyaan terkait instalasi listrik bisa menghubungi

 Fajar Terang M&E melaui 

email : Fajarterangme@gmail.com

wa.    : +6282114773623

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pemasangan lampu di restaurant jepang?#customlighting #customdesign

pemasangan instalasi di restaurant jepang. pengambilan gambar pada sore hari instalasi lampu listrik di Sai Ramen alam sutra oleh tim fajarterang M&E begini hasil pemasangan lampu atau instalasi di sebuah restaurant jepang. <script data-ad-client="ca-pub-6692905805399760" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> selamat datang kembali di blog belajar tehnik listrikšŸ¤— di kesempatan kali ini saya akan memposting hasil pengerjaan instalasi di sebuah restaurant jepang yang bertempat di gedung Synergi alam sutera tangerang. dan baru akan grand launching pada hari sabtu besok tepatnya tanggal 29 agustus 2020 sekarang ini. nama restauran ini adalah SAI RAMEN. tampak samping dengan lampu tembak outdoor 10watt/220v- 3000k ( warm white ) untuk lampu drop cealing saya menggunakan lampu jenis T5 11watt 220v/3000k-600mm. T5 LED tube untuk lampu under table saya menggunakan Led strip 220V/3000k/900mm. Led strip ( led sel

pentingnya gambar pada instalasi listrik #customdesign #electrikal

lebih mudah mana menggunakan lay out atau tanpa layout saat mengerjakan instalasi listrik? contoh lay out lighting by Fajarterang M&E perbedaan pemasangan instalasi listrik dengan layout & tanpa lay out. <script data-ad-client="ca-pub-6692905805399760" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> layout atau gambar skema sebuah project sangat di perlukan bagi para teknisi listrik dan juga teknisi lainnya. layout atau gambar skema lapangan memang sangat di perlukan bagi teknisi listrik untuk memudahkan penempatan posisi setiap outlet maupun titik lampu. setiap gambar sudah di design sedemikian rupa oleh designer dan melalui persetujuan dari owner atau pemilik project atau sudah di acc oleh konsultan jika owner menggunakan jasa konsultan dalam bidang ini ( biasanya di gedung perkantoran ) semua instalasi sudah di gambarkan mengikuti bentuk ukuran lapangan dan sudah disesuaikan. jarak  lampu ke lampu, switch m